WIRAUSAHA

Diposkan oleh admin on Selasa, 03 Maret 2009

Pengertian Wirausaha

Wirausaha adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menangkap peluang bisnis, mengumpulkan sumberdaya wirausaha yang dibutuhkan untuk mengambil keuntungan dan mengambil tindakan yang tepat dalam memastikan keberhasilan. Wirausaha oleh banyak ahli disamakan pengertianya dengan wiraswasta tetapi secara awam kita anggap itu sama antara wirausaha dan wiraswasta

Dalam pengertian wirausaha atau wiraswasta lainya menurut Wasty Soemanto secara etimologis, istilah wiraswasta berasal dari dua kata, yakni ‘wira’ dan ‘swasta’. Wira memiliki arti berani, utama, atau perkasa. Sedangkan swasta ternyata juga berasal dari dua kata, yakni ‘swa’ dan ‘sta’. Swa artinya sendiri, dan sta, berarti berdiri. Jadi, swasta bisa dimaknai berdiri di atas kekuatan sendiri.

Terdapat beberapa ciri wirausaha yaitu :
1. Percaya diri
2. Berorientasi pada tugas dan hasil
3. Pengambilan resiko
4. Kepemimpinan
5. Orisinalitas
6. Berorientasi pada masa depan

Kenapa kita harus wirausaha pada sebuah kesempatan Rheynad Kasali pernah bilang, “Kalau anda karyawan yang berumur >35 tahun dan bukan dalam posisi kepala bagian/manajer, maka anda pantas berkuatir terhadap masa depan karir anda!”

Alasan kenapa kita harus ber wirausaha bisa anda peroleh dibanyak sumber tetapi coba anda cermati sebuah cerita berikut seorang Penjual Duku yang wirausaha bisa menjual 3 kotak/dus @ 15kg. Sekilo duku rata2 Rp.10.000. Berarti 1 hari omset dia mencapai Rp.450.000. Dengan marjin 25-30%, ibu itu bisa mengantongi 100-150 ribu perhari = 3-4.5 juta sebulan. Atau seorang wirausaha wan penjual pecel lele jika dalam 1 malam dia bisa menjual 50 piring dengan rata2 1 piring 9000 maka omzetnya 1 malan 45000 ribu berapa keuntungan yang dia peroleh dalam 1 malam dengan margin 30% silahkan anda hitung.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar